Senin, 06 Januari 2014

32 ribu Dukungan untuk Petisi Penghentian Program Acara TV: YKS

0 comments
Petisi adalah sebuah himbauan yang disebarkan kepada masyarakat luas sebagai bentuk sebuah perjuangan dalam menggalang dukungan untuk sebuah aksi sosial tertentu. 

Jika anda termasuk masyarakat penggemar media online baik jejaring sosial maupun berita, anda pasti sudah tahu tentang apa yg saat ini sedang heboh dan jadi trending topik diberbagai media yg berawal dari jejaring sosial twitter, yaitu sebuah Petisi untuk menghentikan tayangan yang menurut pembawa acara tayangan tersebut sebagai program dengan rating teratas ini.

Bahkan jika anda termasuk orang yang tidak menyukai acara ini, silahkan ikut berpartisipasi dengan menandatangani petisi tersebut dengan cara klik tombol "menandatangani petisi" dan mencantumkan nama, kota asal dan alamat email sebagai identitas keikutsertaan anda. Hal ini dilakukan sebagai himbauan agar KPI sebagai lembaga pengawas penyiaran media sekaligus pemberi ijin layak atau tidaknya sebuah tayangan sebuah televisi dan radio, untuk mencabut ijin tayang program tersebut.

Namun jika anda termasuk penggemar acara ini, mungkin petisi dukungan adalah ide bagus sebagai balance dan agar program ini tidak dicabut ijin tayangnya.

Berikut kutipan berita dan petisi online yang digagas oleh saudara Rifqie Alfian dari Gresik, Jatim:

Sudah menjadi keresahan kita semua melihat tayangan di layar kaca kita penuh dengan tayangan tidak mendidik. Tayangan-tayangan di televisi pun bukannya semakin baik malah justru semakin rusak dengan tayangan-tayangan terbarunya. Mungkin awalnya kita kesal dengan sinetron-sinetron yang tidak mendidik, lalu muncul acara baru yang lebih merusak seperti acara musik pagi di beberapa stasiun tv yang membodohkan dengan host-host yang mengeluarkan kata-kata kasar, vulgar, bahkan sumpah serapah.
Puncaknya (tak terbayang kalau ini bukan puncaknya) adalah acara komedi yang sangat tidak berkualitas dengan kata-kata kasar, menyiksa orang (entah itu main tebak-tebakan dengan kaki dimasukkan air es atau menyumpal tepung ke mulut lawan), sampai dengan goyangan tidak jelas yang dilaksanakan full 1 jam dan tidak berubah selama beberapa bulan terakhir, apalagi goyangannya memakai latar musik yang liriknya vulgar serta mengarah ke gerakan vulgar pula. Bukannya dihentikan, stasiun televisi lain malah membuat acara yang sama persis. Tidak hanya itu, acara-acara tersebut ditayangkan di waktu primetime dan tentu saja ini sangat mengganggu dan tidak baik untuk anak-anak yang masih terjaga pada jam tersebut. Hal ini bukan isapan jempol belaka, dampak akan acara ini telah terbukti menjangkit anak-anak. Anda bisa membacanya sendiri di http://t.co/1EFEI3qZj1.
Oleh karena itu, kami disini memohon dukungannya untuk menghentikan acara YKS TransTV. Ini adalah langkah awal untuk bersama-sama memperbaiki tayangan televisi Indonesia. Tidak hanya berhenti dengan petisi ini, ini hanya awal dimana kita semua akan mendukung dihentikannya satu acara televisi perusak moral ini. Anda dimohon untuk turut serta menghentikan YKS TransTV dengan menyampaikan keluhan ke Komisi Penyiaran Indonesia di kpi.go.id/index.php/pengaduan, call center 021-6340626, atau sms ke 081213070000. Bahkan tidak hanya YKS, disana Anda diharapkan untuk menyampaikan keluhan Anda terhadap acara-acara yang tidak mendidik lain. Terima kasih atas perhatian dan dukungannya untuk #hentikanYKS.  



Sumber Kutipan
http://www.change.org/id/petisi/transtv-corp-segera-hentikan-penayangan-yks



    Acara seperti ini mungkin dianggap sebagai trend setter sebuah program televisi, terutama YKS yg dianggap sebagai pionir dan sukses di peringkat teratas dalam jumlah pemirsa terbanyak. Namun, karena ditayangkan dalam durasi waktu yg lama, membuat kru kreatif memeras otak untuk bekerja keras memeras pikiran dalam menghadirkan konsep yg selalu baru di tiap episodenya. Tak jarang, episode games yg tidak mengandung muatan atau mutu sebuah siaran dipakai karena durasi yg lama dan tayang tiap hari. Merupakan kesulitan tersendiri bagi kru, kreatif dan artis yg terlibat untuk membuat tayangan tersebut menarik di setiap segmen. Namun pendapat sebagian orang justru malah menjadi bosan dan seakan di paksa menyaksikan acara yg tidak disukai dari stasiun TV yg dulu sebagai favoritnya, terutama mereka penggemar acara Film.

Jika kita perhatikan, apa yg sebenarnya menjadi benang merah acara YKS itu lebih baik? Karena mereka melibatkan orang baru setiap harinya justru dari sorotan kamera ke arah penonton maupun peserta lomba joget YKS untuk berinteraksi dalam tayangan tersebut. Kedua, musik pengiring dengan senggakan khas seperti awe awe, joss, buka sithik, suling sakti membuat acara tersebut memiliki daya tarik. Dari musik dan interaksi orang baru, maka tidak berlebihan jika kami memprediksikan tayangan program acara dengan konsep Festival Musik Indie baik artis, jenis musik,/genre, dan bukan ajang pencarian bakat akan menyedot perhatian publik terbesar. Hadirnya wajah baru didunia hiburan dan musisi di tanah air dari jalur Indie Musik bakal meramaikan pertelevisian ke depan, dan pastinya akan didukung penuh oleh KPI mengingat dengan mengemas acara Indie Musik ada beberapa regulasi yg sudah diterapkan oleh TV sebagai lembaga penyiaran dalam ikut membangun bangsa, diantaranya: 
- Alternatif Hiburan baru yang mendidik generasi muda lebih kreatif meski tanpa narkoba.
- Mempunyai mental lebih kuat dalam persaingan di industri hiburan yang makin ketat,
- Berkurangnya tingkat kriminalitas dan pengangguran yg kebanyakan muncul dari artis dengan kasus2 tertentu,
- Memberi sarana positif bagi generasi muda dalam mengembangkan diri dan kemampuannya.

Disamping musik Indie, film Indie juga akan banyak menghiasi program pertelevisian ke depan, utamanya bagi televisi yang mempunyai tujuan mulia dalam membangun negeri ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar