Senin, 09 September 2013

Tips Perform Di Atas Panggung

0 comments






 Tampil diatas panggung, bagi seorang performer ( Penyanyi, Pemain Teater, Aktor) bukan suatu hal yang bisa diremehkan, dan pastinya akan menjadi sebuah momok yang menakutkan bagi seorang pemula. Tapi, mau ga mau, itulah jalan satu satunya agar kita bisa memberikan point plus dari sebuah karya yang sudah kita godok dengan matang pada proses sebelumnya. Semakin bagus penampilan kita, akan semakin bagus pula penilaian orang lain terhadap karya karya kita. Karena dengan penampilan, maka kita bisa menyampaikan secara utuh bagian perbagian karya kita secara lebih detail, hingga publik tahu apa maksudnya.

Kali ini, kami akan menyajikan beberapa tips agar anda mampu menampilkan performa anda lebih baik saat berada diatas panggung.


1. Tenang. 

Seorang performer besar menghabiskan seluruh karir mereka belajar untuk mengendurkan otot-otot di wajah dan tubuh mereka dari ketegangan, yang sangat jelas tergambar ketika Anda berada di atas panggung. Suara Anda akan terdengar tipis dan goyah, dan gerakan Anda akan kaku dan tidak menarik. Untuk menghindari penampilan yang kaku dan gugup ketika Anda beraksi, adalah penting untuk tetap sesantai mungkin. Bahkan aksi yang melibatkan sedikit dialog atau koreografi, tetap rileks sehingga gerakan koreografi akan terlihat dramatis, tapi anda tetap tenang, dan tidak monoton.



2. Fokuskan perhatian Anda pada sesuatu di atas panggung. 

Bisa jadi pada teman duet, pemain musik, properti yang ada, dll. Upayakan untuk tidak pernah menatap ke ataskarena hal ini sangat mengganggu penonton terutama jika ketinggian panggung sangat berjarak dengan penonton didepan anda. Hindari gerakan berbalik badan atau membelakangi penonton (kecuali sudah ditata dalam koreografi anda dalam sebuah penampilan), karena hal itu sangat tidak sopan. Serta hindari untuk bermain main dengan pakaian anda disaat anda merasa gugup. Alihkan pada properti yang ada diatas panggung, misal menggoyangkan stand mic dll.










3. Larut dalam skenario panggung.

 Visualisasikan tokoh yang anda ceritakan dalam karya anda sedetail mungkin dengan penghayatan yang tidak berlebihan, namun sesekali selingi dengan gerakan gerakan komunikatif dengan penonton yang bisa anda sisipkan ketika intro itu dimainkan. Intinya, interaksi dengan penonton akan membantu anda merasa jadi orang asing diatas panggung. Perhatikan mimik muka yang sesuai terutama pada bagian bagian penting lirik lagu anda, yang menjadi sebuah tema pada keseluruhan isi lagu, misal pada bagian reffrain dll.



4.
Belajar dari penyanyi atau aktor lain. 

Hal ini baik dan bukan berarti anda mencontek penampilan orang lain. Karena dengan Menonton aktor-aktor lain dan melihat apa yang mereka lakukan dengan bagian-bagian yang mereka sajikan,  Anda akan belajar banyak. Anda dapat melihat hal-hal yang mereka lakukan untuk membantu Anda lebih mengembangkan gaya akting Anda sendiri dan memberikan ide-ide untuk mengatasi beberapa hal yang belum pernah anda alami sebelumnya ketika tampil diatas panggung serta bagaimana mereka mengatasi kendala yang terjadi diatas panggung.


5. Perluas Pergaulan Anda

Perluas pergaulan anda dengan berbagai macam orang. Kenali berbagai kelompok orang. Anda mungkin tidak bisa bertindak seperti seseorang yang belum pernah bertemu. Berbicara dengan orang yang selama ini tak pernah anda pikirkan dalam hidup anda, karena mereka dapat mengajarkan lebih banyak tentang berbagai jenis orang dan perspektif yang berbeda terhadap dunia yang menakjubkan ini.


Demikian sajian kami, semoga bermanfaat bagi Anda. See You Later ....
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar