Selasa, 26 April 2016

Belajar Bareng tentang Talent Manager, Agency, dan Promotor

0 comments
Sharing - Bergelut dibidang musik, film dan entertainment, setidaknya kita mesti memahami apa yang kita butuhkan.

Dewasa ini, masih banyak terjadi  salah pengertian juga termasuk salah pemahaman, khususnya pengertian antara Talent Manager, Agency dan Promotor dimana keduanya mempunyai fungsi yang tidak sama bagi artis.

Promotor
Adalah seseorang atau perusahaan yang fungsinya adalah menjalankan tugas sebagai tukang promo. Mereka harus memiliki kemampuan mempromosikan baik karya maupun band atau artis yang memakai jasanya. Umumnya mereka sudah memiliki jaringan professional luas, sebagai bagian dari aset pekerjaannya.


Agency
Seseorang atau perusahaan yang fungsinya menampung job. Dalam pengertian didunia showbiz, mereka mempunyai peran untuk menginformasikan mengenai Job Casting, Event, dll.

Umumnya mereka bekerjasama dengan promotor dan talent manager didalam menjalankan pekerjaannya.


Talent Manager
Adalah seseorang atau perusahaan yang ditunjuk artis atau band sebagai manager, dimana fungsinya adalah untuk mengatur waktu dan jadwal artis yang sudah disepakati dalam perjanjian.

Selain itu, manager juga mempunyai kewajiban mengasah kemampuan artis atau talent agar mempunyai skill yang lebih baik, serta mengarahkan artis atau talent demi meraih keberhasilan.

Manager dibiayai dari hasil yang diperoleh artis dimana sudah tercantum pada perjanjian kerjasamanya. Dan Manager juga mempunyai hak sebagai Promotor sekaligus Agency pribadi bagi artis atau talent, namun juga bisa bekerjasama dengan artis lain tergantung kebijakan individual.


Nah, itu dia pelajaran yang bisa kita pakai untuk menambah wawasan kita. Siapa tahu kita bisa sama sama belajar dan lebih tepat menyebut jabatan mengenai ketiga profesi diatas.

Semiga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar