Kamis, 19 Desember 2013

Aneka Ragam Musik yang berkembang di Indonesia ²

0 comments

Rock

Musik  rock adalah genre musik yang berkembang di tahun 1950 an yang berakar dari rhyttym and blues dan musick country di tahun 1940an.

Ciri khas musik rock lebih menonjol pada permainan gitar listrik dan akustik (slow rock) dan penggunaan back beat yang sangat kentara pada rhythm section dengan gitar bass dan drum, dan kibor seperti organ, piano atau sejak '70-an, synthesizer. Di samping gitar atau kibor, pada era modern ini kita sering menemukan penggunaan saksofon dan harmonika bergaya blues pada instrumen musik solo.

Jazz

Jazz adalah sebuah seni ekspresi dalam bentuk musik. Jazz awalnya berkembang dari gaya hidup masyarakat kulit hitam di Amerika yang tertindas. Pengaruh dari tribal drums dan musik gospel, blues serta field hollers atau teriakan para peladang yg bersahutan menjadikan musik ini sebagai bagian paling mendasr dalam hidup manusia serta cara mengevaluasi nilai-nilai tradisinya.

Berbagai kontroversi dari pakar Jazz memiliki pandangan beragam mengenai awal mula Jazz yg mana ada yang mengatakan di tahun 1891 dan ada pula yang mengatakan tahun 1913. Namun yang menarik, Musik Jazz sebenarnya telah berkamuflase meraih banyak penggemar justru yang bertolak belakang dari sejarah kemunculannya, yakni kaum Jetset di era modern ini, yang menempatkan musik Jazz sebagai bagian gaya hidup borjuis.

Dan yang paling vulgar, kata "jazz" awalnya diambil dari sebuah variasi dalam hubungan seks.

Beberapa elemen penting dalam musik jazz yaitu blue notes, improvisasi, polyrhythms, sinkopasi, dan shuffle note.

Ska

Berkembang dari Jamaika ditahun 1950-an, Ska menggabungkan unsur-unsur musik mento dan musik kalipso dari Karibia dengan jazz dan rhythm and blues dari Amerika Serikat. Ciri khas musik ini adalah jalur bass berjalan dengan aksentuasi pada ritme upbeat.

Ska mulai masuk di Indonesia sekitar tahun 90 an dengan beberapa band yang munkin masih eksis sampai sekarang. Sebut saja TipeX, Jun Fun Gung Foo, Souljah, Shaggy Dog, dll.

Musik Ska disebut pula sebagai cikal bakal lahirnya musik dengan genre Rocksteady dan Reggae.

dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar