Sabtu, 21 Desember 2013

Dukungan KNPI dan Apresiasi terhadap Musik Indie di Indonesia

0 comments

Musik Indie itu asik dan menyenangkan Tak heran jika saya sekarang berasa addict setelah ndengerin. Menurut saya, musik Indie itu :

1. Bikin Penasaran
    kalo denger musik yang umum atau diputar di televisi itu barangkali sesuatu yg biasa ya. Namun bakal bikin penasaran setelah lo nemu lagu indie yang keren yg bisa aja karya temen kamu atau melalui situs media sosial. Cobain deh..

2. Unik
    Lagu Indie itu unik. Yaps, seunik kamu. Yang ga pernah mau disamain ama siapapun kan?

3. Semangat baru
    Ini pengalaman pribadi gue sich, yang pernah ngerasa down dan akhirnya mulai kaya nemuin sebuah semangat baru setelah denger lagu Indie yg belakangan sering jadi Inspirasi beberapa orang. Penasaran apa judulnya? Ah gag ah, tar malah promosi lagi....

Bro n sista, gue tahu lagu Indie itu sudah sejak lama. Yaps, dari namanya Indie, diambil dari kata Independent yang artinya Bebas (berekspresi). Tapi gue baru dibilang "bener bener ngerti' mungkin baru akhir akhir ini. Dimana yang disebut Musisi Indie atau Band Indie adalah mereka yang punya karya sendiri, bukan mereka yang meng-cover atau menyanyikan lagu milik band atau pemusik lainnya.

By the way, tentunya kalian pengin tahu seberapa besar peran serta dan dukungan terhadap musik Indie di tanah air? Simak ya kutipan dari Antara News berikut.

(Antara News) - Penyanyi jazz Syaharani mengatakan musik indie berperan penting dalam perkembangan musik Indonesia.

Menurut dia, musik indie memberi warna unik pada keragaman musik Indonesia dan memberikan lebih banyak pilihan bagi penikmat musik.

"Mereka produksi nggak berdasarkan market, tapi berdasarkan keinginan. Sehingga mereka bikin market sendiri yang warnanya unik. Hal itu membuat makin banyak pilihan musik," katanya usai jumpa media Anugerah Musik Indonesia Selasa (11/6) malam.

"Bila diakumulasi beberapa tahun, akan ada feedback berupa apresiasi yang meningkat. Ini adalah siklus antara pendengar dan karya musik. Kalau market dijagain karena takut nggak laku, ya mereka mutar lagu yang begitu-begitu saja," lanjut penyanyi bernama lengkap Saira Syaharani Ibrahim itu.

Ia juga mendukung eksperimen musisi indie.

"Eksperimen dalam musik sah-sah saja, seperti melukis, jangan terlalu terpaku dengan yang sudah ada," kata Rani, yang sedang mengerjakan proyek dalam Syaharani dan Queenfireworks itu.

Masih dari situs Antaranews.com berikut artikel yang berjudul
"KNPI sediakan pangung bagi penggemar Indie"

Jakarta (ANTARA News) - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) menyediakan panggung bagi komunitas Band Indie berkompetisi di Plaza Pestival Kuningan Jakarta, dalam rangkain peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-85, Senin.

Dalam keterangan pers, Ketua Umum KNPI Tufan EN Rotorasiko, mengetakan, panggung musik Indie akan diadakan secara berlanjut pada setiap akhir pekan Jumat, Sabtu, Minggu selama setahun.

Taufah mengatakan, pangung masuk Indie juga dimaksudkan unuk memberikan wadah bagi anak muda agar tersalurkan kreativitasnya dengan baik.

"Kami pasti lebih senang mendengar kabar musisi muda Indonesia bisa terkenal di seluruh dunia daripada mendengar kabar pelajar menggunakan air keras untuk tawuran atau pelajar membuat video mesum," katanya.

Pada Hari Sumpah Pemuda 2013 juga digelar kompetisi film Indie dan stand up comedy. Acara yang digelar KNPI dan Insight Indonesia itu akan dibuka oleh Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie pada Senin petang 28 Oktober 2013.

Aburizal Bakrie juga akan meresmikan "Insight of Indonesia Creative Community for young People" (Circuit Creative Indonesia).

Acara tersebut juga akan dimeriahkan sejumlah artis Ibu Kota, antara lain Rosa, Penta Boys, Stand Up Comedy, para Indie Band dan pemutaran film Indie Indonesia.

Nah, gimana?
Penasaran dan mulai pengin hunting band Indie atau Soloist Indie Populer ? Mulai aja klik disini

sumber kutipan: Antara News

Tidak ada komentar:

Posting Komentar