Selasa, 19 April 2016

Seniman Indie Musik dan Film itu enterpreneur !

0 comments
UKM - Sepintas lalu, di dekade sebelum dan sebelumnya, seniman Indie baik mereka yang berkecimpung di bidang film maupun musik, kerap dipandang sebagai seniman pinggiran.

Kini, setelah pemerintah RI sebagai salah satu pelopor tumbuh kembangnya industri kreatif melalui berbagai kemudahan diantaranya KUR, bisa jadi sebuah hal yang patut diapresiasi dengan baik.


Seniman Indie sejati, tanpa kita sadati, bisa juga disebut dengan enterpreneur atau wirausaha. Mereka mandiri, berangkat dari hobi dan kemauan, bersaing ditengah pasar musik yang kini disebut industri musik.

Seniman Indie Indonesia bisa jadi merupakan barometer Indie setidaknya Asia. 4 tahun saya berkecimpung didunia Indie, sering kali mendapat tawaran perform bersama seniman indie tanah air ke beberapa negara di Asia yang juga berkecimpung dibidang yang sama, diantaranya Malaysia, Singapura dan Brunei Darusallam.

Dukungan pemerintah terhadap indistri kreatif diantaranya seniman indie musik dan film, akan menjadi salah satu pelaku usaha yang cukup kuat mendukung perekonomian tanah air.

Dalam segi promosi, kehadiran social media, mampu menjembatani hal itu, dimana pada akhirnya seniman indie dari berbagai wilayah akan saling mengenal satu sama lain, meski belum begitu maksimal.

Villiers Private Jet Charter

Kualitas seniman Indie Musik khususnya, sudah sangat maju. Semua tak lepas dari semangat belajar mereka. Meski modal kecil, tak jarang mereka juga berupaya menjual karya mereka dalam sesama komunitas Indie yang jumlahnya jutaan. Dengan harga terjangkau, karya mereka bisa dinikmati para penggemar dimana jumlahnya bisa mencapai ribuan.

Senang sekali berada di komunitas Indie, dimana anda akan melihat sosok anak muda yang tekun, ulet, tangguh dalam berjuang dan berkarya, hingga akhirnya mampu mengumpulkan modal baik dengan cara patungan maupun sponsor. Semoga, ikon industri kreatif yang satu ini kelak akan semakin mendapat tempat dihati masyarakat. Dan tulisan ini, adalah salah satu penghargaan yang AMBA dedikasikan untuk Indie Musik dan Film, khususnya ditanah air.

Go Indie, do the best for all of you...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar